Friday, January 11, 2013

DESA PENGHASIL GULA MERAH KELAPA

Banjar. Desa Baregbeg salah satu desa pesisir di wilayah Ciamis - Banjar - Pangandaran, merupakan salah satu daerah penghasil Gula Kelapa di wilayah Ciamis. Gula Kelapa merupakan gula yang di hasilkan dari pohon kelapa setelah melalui berbagai proses tahapan pembuatan.


Kirno (40), salah seorang pengusaha Gula Kelapa asal Blok Sagon Desa Baregbeg mengatakan, apabila cuaca sedang bagus perhari rata-rata para pembuat gula bisa menghasilkan kurang lebih 25 kilogram,” Tetapi bila musim penghujan paling banyak para pembuat gula kelapa hanya mampu mengasilkan gula sebanyak 12 kiloan, ujarnya.

Kepala Desa Baregbeg menjelaskan bahwa para pengusaha gula di daerahnya memang bukan satu atau dua orang, tetapi ratusan orang hampir semua warga disini bermata pencaharian sebagai petani dan "nderes" kelapa. “Dapat di bayangkan kalau dalam sehari seorang pengusaha gula mampu menghasilkan gula kelapa sebanyak 12 kilo saja, dikali jumlah pengusaha, sudah berapa kuintal/ton gula dihasilkan dalam satu hari, jelasnya kepada kami baru-baru ini.

Para pengusaha gula kelapa di wilayah desa Baregbeg ini rata-rata sudah mempunyai pelanggan tetap dalam hal menjual hasilnya. Setiap satu minggu sekali gula kelapa dari Baregbeg ini di ambil oleh salah satu perusahaan Kecap Nasional sebagai bahan baku pembuatan kecap.

No comments:

Post a Comment